Teroris Siapkan Tiga Bom Ngeri, Kena Cahaya Langsung Bluaaar!

Teroris Siapkan Tiga Bom Ngeri, Kena Cahaya Langsung Bluaaar!
Satuan Gegana Brimob Polda Jatim melakukan pemusnahan barang bukti bom teroris hasil dari penggerebekan di wilayah Tambaksari Surabaya, kemarin (9/6). FOTO: Guslan Gumilang/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - Beberapa terduga teroris yang dibekuk Densus 88 di Surabaya ternyata bukan kelas ecek-ecek. Mereka memiliki kemampuan merakit bom yang canggih. 

Bahkan, sudah punya amunisi yang cukup untuk menebar teror. Hal ini diketahui dari barang bukti yang dimusnahkan polisi. 

Kemarin (9/6), Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan Gegana memusnahkan bom rakitan dan bahan peledak milik pelaku teroris. Semua barang bukti yang dihancurkan itu disita dari rumah pelaku Priyo Hadi Purnomo, di Lebak Timur III D/ 18. 

”Tiga bom rakitan ini tergolong high explosive,” terang Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Iman Sumantri.

Iman tidak menjelaskan secara detail berapa radius bom tersebut. Namun dia memastikan bahwa bom itu memang tergolong canggih. Dia menyorot bom rakitan yang bisa meledak jika terkena cahaya. Dari sana bisa diketahui bahwa para teroris tersebut memang terlatih membuat bom.

Lokasi pemusnahan barang bukti itu sendiri dilakukan di pinggiran Kota Surabaya. Lokasinya dekat dengan perbatasan Kabupaten Gresik. Sebuah lahan kosong seluas sekitar tiga hektare di Osowilangun dijadikan tempat pemusnahan.

Sejak pukul 11.00, tim gegana sudah tiba di lokasi dengan mobil hitam berlogo burung walet. Sebuah tenda berukuran kecil beratap putih disiapkan untuk pimpinan kepolisian yang mengawasi proses pemusnahan. Police line dipasang sekitar 5 meter dari tenda tersebut. Selepas police line, gegana menyiapkan lubang galian untuk menanam bom di bawah permukaan tanah.

Setelah persiapan keamanan area siap, polisi mulai mengeluarkan bom satu persatu. Dari kejauhan terlihat petugas mengangkat bom tersebut dengan hati-hati. Semuanya dibungkus dengan cover kain warna merah. Petugas sempat meletakkan bom tersebut untuk dicek. 

SURABAYA - Beberapa terduga teroris yang dibekuk Densus 88 di Surabaya ternyata bukan kelas ecek-ecek. Mereka memiliki kemampuan merakit bom

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News