Alamaaak! Pengumuman PPDB Online Kacau

Alamaaak! Pengumuman PPDB Online Kacau
Para ortu siswa di depan pintu sekolah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - BANJARMASIN – Terjadi kekacauan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMPN di Banjarmasin. Di mana,  rata-rata setiap sekolah kelebihan 40 siswa.

Salah satu sekolah yang kelebihan adalah SMPN 6 dan 26 Banjarmasin. SMP 6 kelebihan hingga 116 siswa. 

Rinciannya, 28 siswa kelebihan berdasarkan penerimaan PPDB, jalur prestasi, jalur bina lingkungan, dan jalur luar daerah. Sedangkan 88 siswa sisanya harus diterima karena nilainya di bawah passing grade di SMP 6.

 Untuk SMP 26 kelebihan 50 siswa. Namun, hanya SMPN 6 yang mengusulkan penambahan rombongan belajar (kelas). 

“Untuk menyiasati ini terpaksa kami tambah rombongan belajar (kelas),” kata Kepala SMPN 6 Banjarmasin Johanis. Untungnya, ruangan kelas di SMP ini masih cukup. “Kami hanya tambah satu kelas. Jumlah ruangan cukup kok,” ujarnya.

Persoalan lainnya muncul yakni masalah kursi. Sebab, kursi yang ada  tidak mencukupi untuk jumlah siswa yang membeludak. “Kami akan anggarkan lagi melalui pos APBN dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Secepatnya akan kami ubah mata anggaran dalam RKA (Rencana Kerja dan Anggaran),” ujarnya.

Meski harus mengubah RKA, pengadaan kursi baru tak dapat dilakukan dengan cepat. Sebab, untuk masalah kursi dan meja, ia harus menyiapkan selama dua minggu. “Ya siswa harus sabar. Kursi dan meja kami juga beda. Kualitas terbaik,” katanya.

Hal serupa juga dialami oleh Kepala SMPN 2 Banjarmasin, Arima. Arima justru kebingunan kemana mencarikan anggaran untuk membeli kursi dan meja baru. Apalagi, sekolahnya hanya menyediakan 32 kursi dan meja per kelas. 

BANJARMASIN – Terjadi kekacauan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMPN di Banjarmasin. Di mana,  rata-rata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News