Waspadai Pengebirian Masa Depan Anak Bangsa

Waspadai Pengebirian Masa Depan Anak Bangsa
Anggota Komisi VIII DPR Ledia Hanafi. FOTO: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Perppu No 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak masih belum mendapat kepastian akan disahkan menjadi Undang-Undang. Beberapa pihak memilih untuk merevisi undang-undang perlindungan anak secara lebih komprehensif ketimbang sekadar meresmikan Perppu yang lebih dikenal sebagai Perppu kebiri itu sebagai Undang-undang.

“Pada dasarnya semua memiliki argumen untuk melindungi anak Indonesia. Hanya tinggal dikaji mana yang bisa memberikan perlindungan maksimal bagi anak Indonesia,” kata anggota komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa di Jakarta, Jumat (22/7).

Sementara itu, memaknai momen Hari Anak Indonesia, Ledia mengingatkan pemerintah satu hal yang sangat urgen di luar masalah kebiri bagi pelaku kejahatan, yaitu kebiri masa depan anak bangsa yang tengah terjadi secara intens di negeri ini.

“Saya bisa katakan saat ini anak Indonesia tengah dihantui situasi pengebirian masa depan, dari berbagai sudut,” katanya.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja meningkat, kekerasan pada anak meningkat, kejahatan seksual meningkat, paparan pornografi semakin banyak dan mudah ditemui, keteladanan minim dilihat dan didengar sementara hubungan sosial yang positif baik di lingkungan keluarga, sekolah dan pergaulan keseharian semakin melemah.

“Modal sosial kesalehan anak-anak kita yang bisa menempanya menjadi generasi penerus yang berbudi luhur semakin tergerus, ujar politikus dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Karenanya Ledia berharap ada kebjakan yang bisa diambil pemerintah bersama pihak legislatif yang secara lebih sistematis, simultan dan komprehensif bisa memberikan perlindungan kepada anak Indonesia.

Ledia menguraikan beberapa peraturan perundangan terkait perlindungan anak misalnya belum memasukkan konteks pengasuhan dan ketahanan keluarga yang bisa menjadi pondasi penguatan modal sosial dan modal kesalehan kepribadian anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News