Gaun dengan Angka Keramat Sambut Hari Kemerdekaan

Gaun dengan Angka Keramat Sambut Hari Kemerdekaan
Gaun dengan Angka Keramat Sambut Hari Kemerdekaan

jpnn.com - Tonggak pentingnya perjalanan bangsa ini adalah Proklamasi Kemerdekaan. Berkat peristiwa itu, Indonesia berhasil menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Memperingati peristiwa sakral yang terjadi setiap tanggal 17 Agustus tersebut, desainer ternama Indonesia asal Surabaya, Dyan Nugra melakukan sesi pemotretan koleksi terbarunya.

Bertempat di depan Patung Sang Proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta yang berada di kompleks Tugu Pahlawan, ada 4 busana yang dikenalkan. Semuanya merupakan dwiwarna bendera kita, yakni merah dan putih.

"Kenapa dipilih warna tersebut? Karena selain mencerminkan semangat nasionalisme, merah dan putih memang sangat bagus digunakan untuk gaun, terutama kebaya," kata Dyan.

Semua kebaya yang dipamerkan adalah jenis kebaya modern. Hal itu tidak lepas dari semangat menonjolkan kecantikan perempuan Indonesia secara global, tanpa menanggalkan identitas sebagai anak bangsa. "Jadi kesannya anggun dan smart. Perpaduan antara budaya barat dan adat ketimuran," ujar perempuan yang mendapat gelar beautypreneur dari Martha Tilaar tersebut.

Koleksi busana kali ini adalah rangkaian dari kampanye "Cinta Indonesia" yang digagas Dyan sejak awal tahun ini. Sebelumnya, kampanye serupa dilaksanakan di Bali dengan mengenalkan kebaya asli Indonesia.

Tidak hanya soal warna dan pola cutting saja, kebaya karya perempuan yang juga make up artist itu juga menyimpan makna lain. Yakni ukuran ekor kebaya disesuaikan dengan tanggal keramat kemerdekaan.

Gaun pertama sepanjang 1,7 meter, kedua 0,8 meter, ketiga 1,9 meter, dan yang terakhir 4,5 meter. Jadi semuanya bermakna seperti 17-08-1945. "Butuh waktu satu bulan untuk menyiapkan ini semua," jelas dia.

Dengan hadirnya koleksi baru ini, maka item koleksi berseri "Cinta Indonesia" milik Dyan bertambah menjadi belasan gaun. "Gaun-gaun ini memang dibuat limited edition sesuai seri kampanyenya."

Tonggak pentingnya perjalanan bangsa ini adalah Proklamasi Kemerdekaan. Berkat peristiwa itu, Indonesia berhasil menjadi negara yang merdeka dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News