Sambangi UMNO, Golkar Upayakan Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia

Sambangi UMNO, Golkar Upayakan Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia
Sambangi UMNO, Golkar Upayakan Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto melakukan kunjungan ke Malaysia, Jumat (5/8). Kedatangannya ke Negeri Jiran dalam rangka memenuhi undangan partai terbesar Malaysia, United Malays National Organisation (UMNO). 

Setya Novanto tiba di Kuala Lumpur didampingi sejumlah petinggi Partai Golkar, di antaranya Ketua Harian Nurdin Halid, Sekjen Idrus Marham, Bendahara Umum Robert Kardinal, Korbid Polhukam Yorris Raweyai, Korbid Kesra Roem Kono, Kabid Hubungan Luar Negeri Meutia Hafid, Kabid Kerjasama Eksekutif dan Legislatif Yahya Zaini, dan Kabid SDA dan Lingkungan Hidup Satya Yudha, serta Kabid Pemuda dan Olahraga Fadh Arafiq. Ini merupakan kunjungan pertama Partai Golkar ke UMNO.

Dalam sambutannya di hadapan para petinggi UMNO, Setya Novanto mengapresiasi dan menyambut baik hasil pertemuan konsultasi antara PM Najib dan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. "Pemerintah Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan pandangan. Saya berharap hubungan kedua negara ke depan akan semakin baik, terutama kerja sama di sektor ekonomi, perlindungan WNI, dan keamanan wilayah laut," ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Setya Novanto juga menyampaikan posisi Partai Golkar yang mendukung pemerintahan RI di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. "Partai Golkar telah berhasil melewati masa sulit. Sekarang sudah bersatu kembali dan memposisikan diri mendukung pemerintah, serta menegaskan dukungannya kepada Jokowi sebagai Presiden dalam pemilu 2019," tegasnya. 

Selain itu, Novanto juga menyampaikan harapannya terkait upaya penyelesaian sengketa perbatasan maritim antara RI-Malaysia dan keamanan laut di wilayah perbatasan. Dia secara khusus memberi perhatian kepada krisis sandera di perairan Sulu, di mana ada 10 WNI yang menjadi korban. 

Novanto berharap masalah ini dapat segera diselesaikan dengan baik melalui kerja sama antar negara di kawasan. "Kami mendorong agar hasil pertemuan tingkat menteri antara Menhan Indonesia, Malaysia dan Filipina di Bali dapat segera ditindaklanjuti karena ini merupakan tugas kita bersama menjaga kondusifitas di wilayah laut," tegasnya.

Setya Novanto juga berharap agar pemerintah Malaysia dapat terus meningkatkan perlindungan kepada TKI dan memberikan kebijakan pemutihan bagi para TKI yg tidak memiliki dokumen resmi. "Ada lebih dari 100 TKI kita di Malaysia yang terancam hukuman mati. Kami mohon kearifan dari kerajaan Malaysia untuk memberikan pengampunan kepada mereka," imbuhnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto melakukan kunjungan ke Malaysia, Jumat (5/8). Kedatangannya ke Negeri Jiran dalam rangka memenuhi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News