Sekjen PDIP: Proklamasi Sebagai Jalan Pembebasan

Sekjen PDIP: Proklamasi Sebagai Jalan Pembebasan
Suasana Peringatan HUT Ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (17/8). FOTO: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum bagi partainya untuk meneguhkan totalitas dan dedikasi pada bangsa dan negara.

Hal ini disampaikan Hasto sebelum upacara pengibaran Bendera Merah Putih di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (17/8) pagi.

"Narasi kemerdekaan bertujuan membebaskan rakyat Indonesia dari berbagai belenggu penjajahan. Narasi inilah yang harus mewarnai seluruh keputusan politik sehingga nampaklah wajah politik yang berkebudayaan, yang terus mengikis berbagai bentuk kemiskinan, ketidakadilan, dan kebodohan," kata Hasto.

Ia menegaskan PDI Perjuangan lahir dalam semangat untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Sebagai partai yang tumbuh dari ruang batin rakyat kecil, bergerak dari akar rakyat, mengembangkan Amanah Penderitaan Rakyat (Ampera) dalam cita-cita politik, PDI Perjuangan bertanggung jawab penuh menciptakan kondisi politik yang mencerahkan, kondisi politik yang mendidik rakyat agar mengerti apa itu fungsi politik dalam kesehariannya.

"PDI Perjuangan juga bertanggungjawab mengajukan kader-kader terbaik sebagai pemimpin di setiap wilayah, merumuskan idealisme perjuangan partai sebagai bentuk manifesto idealisme tujuan-tujuan besar negara," sebut pria berkacamata itu.

Dia juga menurutkan bahwa setiap kader yang bertugas dalam memimpin pemerintahan, di Parlemen, hingga dalam perjuangan di lapangan politik untuk memenangkan Pemilu dan Pilkada, menyadari bahwa tiap geraknya adalah pengejewantahan dalam idealisme Partai.

"Karena itu, setialah pada Narasi Idealisme Partai. Inilah pesan Ibu Megawati. Ketua Umum PDI Perjuangan mengingatkan agar seluruh anggota dan kader partai bersikap rendah hati, dan terus menghikmati proklamasi sebagai semangat pembebasan, proklamasi sebagai api perjuangan untuk membumikan Pancasila melalui jalan Trisakti. Dirgahayu Indonesiaku," pungkasnya.

JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News