Yuk ke Lampung, Mumpung Ada Festival Krakatau

Yuk ke Lampung, Mumpung Ada Festival Krakatau
Puteri Indonesia Lingkungan 2016, Felicia saat berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, Lampung, 17 April 2016. Foto: Fedrik/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Festival Krakatau 2016 bakal digelar 21- 28 Agustus 2016 di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau. Kegiatan di dua lokasi yang di-support oleh Kementerian Pariwisata.

Tujuan penyelenggaraan event itu adalah untuk mempromosikan atraksi, daya tarik wisata unggulan dan seni budaya Lampung, serta menciptakan peluang bisnis bagi para pelaku pariwisata.  “Temanya Lampung The Treasure of Sumatra,” ujar Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata.

Ukus menjelaskan, Kementerian Pariwisata memang semakin getol mengenalkan daerah yang memiliki potensi wisata demi mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Karenanya Kemenpar pun mendukung penuh Festival Krakatau 2016.

“Kami mendukung penyelenggaraan Festival Krakatau 2016. Event ini akan menjadi ajang pengenalan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Lampung kepada masyarakat serta memberikan rasa bangga bagi warga setempat bahwa daerahnya memiliki daya tarik wisata yang juga menjadi keunikan dan identitas daerahnya,” lanjutnya.

Menurut Ukus, Gunung Krakatau merupakan ikon pariwisata Provinsi Lampung yang telah dikenal dunia. Festival Krakatau menjadi wahana dan ajang puncak kreativitas serta penghargaan terhadap seniman, budayawan, dan masyarakat Lampung, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kebudayaan setempat.

Karenanya kekayaan Lampung pun layak disuguhkan dalam gelaran festival itu.  Harus diakui, sektor pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menambahkan, Festival Krakatau merupakan agenda pariwisata tahunan di provinsi yang dipimpinnya. Festival itu sudah berlangsung sejak 1991.

Tujuannya adalah mempromisikan pariwisata dan budaya serta memperingati peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Karenanya Festival Krakatau merupakan event kepariwisataan nasional yang mempunyai sejarah panjang.

JAKARTA - Festival Krakatau 2016 bakal digelar 21- 28 Agustus 2016 di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News