Daerah Ini Punya Hot Spot Kebakaran Hutan Terbanyak se-Indonesia

Daerah Ini Punya Hot Spot Kebakaran Hutan Terbanyak se-Indonesia
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - SANGGAU – Kabupaten Sanggau memiliki hot spot kebakaran hutan terbanyak di Indonesia. Setidaknya, sebanyak 200-an titik panas terpantau satelit di kabupaten tersebut.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan, data itu cukup mengkhawatirkan.

Kondisi tersebut, menurut dia, diperparah dengan aktivitas membuka lahan dan hutan dengan cara dibakar. “Tentu ini akan berdampak buruk bagi kualitas udara di Kabupaten Sanggau,” kata dia akhir pekan kemarin.

Untuk wilayah Kalimantan Barat, kata dia, ada sedikitnya 600-an titik panas. Nah, Sanggau menjadi penyumbang hotspot terbanyak.

“Kenyataannya Sanggau ini paling banyak hotspot atau titik panasnya se-Indonesia. Makanya saya bersama tim harus bekerja keras meyakinkan masyarakat untuk tidak membakar lahan. Selain itu, mengambil langkah penyiraman di sejumlah lahan yang sudah siap dibakar oleh pemiiknya,” jelasnya

Agung Putu sempat memimpin langsung penyiraman lahan yang siap dibakar warga di daerah Simpang Lape, Sanggau. Petugas gabungan TNI, Polri, pemadam kebakaran, Manggala Agni, dan BPBD Sanggau turun ke lapangan dengan dibantu peralatan dari pihak Finantara Sinar Mas Sanggau.

“Langkah pencegahan ini harus dilakukan untuk menghindari semakin banyaknya aktivitas pembakaran. Pemerintah komitmen untuk hal ini, dan masyarakat juga diminta untuk paham dengan kondisi yang ada saat ini dan berhenti membakar lahan,” katanya. (sgg/jos/jpnn)


SANGGAU – Kabupaten Sanggau memiliki hot spot kebakaran hutan terbanyak di Indonesia. Setidaknya, sebanyak 200-an titik panas terpantau satelit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News