Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 Memang Wow

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 Memang Wow
Presiden Joko Widodo bersama para menteri saat mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 di Balige, Tobasa, Sumatera Utara, Minggu (21/8). Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - BALIGE – Kota Balige betul-betul berpesta! Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang dipusatkan di ibu kota Kabupaten Tobasa itu Minggu (21/8) benar-benar heboh.

 

Seluruh warga Kabupaten Tobasa tumpah ruah di puncak peringatan HUT RI ke-71 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu. Mengenakan “ulos raja” Ragidup Sirara warna gelap dan ornamen putih, orang nomor satu di tanah air itu ikut berkarnaval di jalanan sepanjang 3,5 km.

Di tengan perjalanan, Presiden Jokowi yang memakai baju hitam dan sortoli penutup kepala khas Batak juga melempar-lemparkan kaus kepada penonton sambil melambaikan tangannya ke kiri dan kanan. Ibu Iriana tampil ceria dengan baju merah juga melambaikan tangan dari atas mobil hias berdesain ikan emas dengan sulur-sulur berwarna hitam-merah-putih. Ulos bermotif Tum-Tum yang didesain khusus oleh Edward Hutabarat pun terlihat elegan dan bersahaja.

Arak-arakan budaya yang digelar oleh Kementerian Pariwisata itu bisa dibilang sukses besar. Pertama sukses dari sisi acara karena pelaksanaannya lancar, sesuai skenario rencana, bahkan nyaris sempurna. Semua kontingen yang terdiri dari 44 rombongan juga tampil optimal.

Start dari Jalan Tarutung, Patuan Nagari, arak-arakan dengan titik finis di Lapangan Sisingamangaraja Simpang Sibulele itu lancar membelah lautan manusia yang hampir 100 persen mengenakan ulos. “Ini karnaval sudah standar global, siap go international,” kata Menpar Arief Yahya yang terus mendampingi Presiden Jokowi.

Kedua, selama dua hari kegiatan Pesona Danau Toba, semua tanda pagar atau hashtag di media sosial Twitter  langsung menjadi trending topic. Pertama adalah saat saat konser Slank, Oppie Andaresta, Edo Kondologit, Sammy Simorangkir, Dewa Bujana di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, Sabtu (20/8) memunculkan tagar #PanggungApung dan #PesonaDanauToba yang semuanya menjadi trending topic.

Sedangkan dalam arak-arakan yang lebih dari 100 ribu pasang mata tumplek blek ke jalur karnaval, langsung melambungkan hashtag: #Balige #PesonaDanauToba #UntukMedan #PulauSamosir. Arief pun memuji semarak karnaval di Balige yang ramai jadi perbincangan di media sosial itu.

BALIGE – Kota Balige betul-betul berpesta! Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang dipusatkan di ibu kota Kabupaten Tobasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News