Fahri Hamzah: Saatnya DPR Siapkan Budget House

Fahri Hamzah: Saatnya DPR Siapkan Budget House
Fahri Hamzah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menganggap ruang kritik dewan terhadap anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) masih sangat sempit. 

Karena itu menurut Fahri, sudah saatnya DPR membentuk budget house.

"Kami akan bahas budget house itu setelah kelembagaan pusat anggaran DPR siap. Nanti lembaga ini akan berkoordinasi dengan badan anggaran DPR untuk menyampaikan asumsi alternatif," kata Fahri, Senin (22/8).

Pentingnya budget house ujar Fahri, karena sampai hari ini tidak ada perubahan fundamental dari APBN. "Seharusnya sudah ada penghematan dahsyat di birokrasi kita. Tapi anggaran tak berkurang, sumber daya manusia ditambah, teknologi tidak dijadikan faktor pengurangan biaya," kata Fahri.

Budget house menurut Fahri sebetulnya akan merombak cara kerja anggaran. "Kalau Menkeu Sri Mulyani anggap wajar dan berani potong Rp 133 triliun, kenapa tahun lalu tidak, kenapa setelah kepepet tahun ini?" tandas wakil rakyat dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat itu.

Menurut Fahri, APBN memang bisa dirombak dan pemikiran ke arah sana harus diperkuat. "DPR bentuk pusat kajian untuk membuat APBN alternatif. Artinya kan ada ruang. Dan itu jadi alternatif," pungkasnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menganggap ruang kritik dewan terhadap anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) masih sangat sempit. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News