Antara Mat Depok dan Belanda Depok

Antara Mat Depok dan Belanda Depok
Misar Daeran anak Mat Depok. Siapapun yang pernah kenal Mat Depok, akan mengira ini fotonya. Sebab, wajah Misar memang mirip sekali dengan ayahnya. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - LELAKI itu tampan, jenaka dan pemberani. Kesohor sebagai jawara. Pemerintah kolonial berkali-kali mengirimnya ke penjara. Satu di antara kasusnya merampok gudang logistik Belanda. Para pejuang kemerdekaan menjulukinya; Mat Depok.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Nama aslinya Daeran bin Sa’ari. Lahir pada awal Abad 20 dari rahim seorang ibu yang bernama Dama. 

Ibunya menjalankan bisnis rias penganten dan membuka warung makan di tepi Kali Besar, Depok. Kini lokasinya persis di Perempatan Tugu Gong Sibolong. Nama Daeran yang menempel pada ibunya, membuat orang menyebutnya Warung Wak Deran. 

Lidah melayu ora masyarakat setempat menggeser pelafalan Daeran menjadi Deran. Di kemudian hari, lagi-lagi perkara lidah, Daeran lebih dikenal dengan panggilan Paderan. Asalnya Pak Daeran. 

Perempatan Paderan       

Bagi Anda yang tinggal atau pernah ke daerah Beji, Depok, Jawa Barat, seyogyanya mengetahui Perempatan Gong Sibolong. Disebut begitu karena persis di tengah perempatan itu berdiri kokoh tugu Gong Sibolong—perlambang kelompok seni budaya tertua di kota itu. 

Sebelum tugu itu berdiri, orang-orang menyebutnya Perempatan Paderan. Orang Tanah Baru, Beji dan sekitarnya tentu tahu hal ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News