Kualifikasi Gila! Banyak Insiden, Crutchlow Pole, Rossi Kedua

Kualifikasi Gila! Banyak Insiden, Crutchlow Pole, Rossi Kedua
Rider tuan rumah, Cal Crutchlow berhak start terdepan di MotoGP Inggris. Foto: @crash_motogp

jpnn.com - SILVERSTONE - Sesi kualifikasi MotoGP Inggris yang digelar di Silverstone, Sabtu (3/9) malam WIB berlangsung dramatis. Di atas lintasan yang basah sejak free practice keempat, seluruh rider masih menggeber kencang sepeda motornya meski resiko terpeleset dan jatuh berada di depan mata.

Dan itu terbukti. Sejumlah crash terjadi bahkan di detik-detik akhir waktu kualifikasi tuntas.  

Saling salip catatan waktu berlangsung sengit. Juara bertahan Jorge Lorenzo yang tampil kurang ganas sejak free practice pertama, sempat menorehkan waktu terbaik. Namun hanya sesaat. Maverick Vinales, rider Suzuki yang akan menggantikan tempat Lorenzo di Yamaha musim depan, mencatatkan waktu lebih baik lagi.

Namun nama Vinales juga hanya sesaat berada di atas. Tak lama berselang Marc Marquez yang menguasai free practice ketiga dan keempat tampak beringas di kondisi trek yang basah dan 'gerimis mengundang'. Perhatian sempat tertuju kepada Marquez. Komentator dalam livestreaming juga sempat memprediksi Marquez akan mematahkan waktu Vinales.

Namun di saat menunggu Marquez melakukan lap terbaiknya, nama rider lain justru muncul mengudeta Vinales. Dia adalah Cal Crutchlow. Ya, pembalap tuan rumah itu menempatkan dirinya di tempat teratas. 

Namun kualifikasi belum selesai. Semua masih punya kesempatan. Di saat lagi seru-serunya, rider Ducati, Andrea Dovizioso terjatuh dan tampaknya mengeluh kesakitan membuat tim Ducati khawatir.  Eugene Laverty juga mengalami insiden. 

Naaah, puncak dari insiden itu memang adalah Marquez. Rider Repsol Honda ini sempat berhasil membukukan waktu terbaik kedua di bawah Crutchlow. Namun setelah melewati akhir lap, Marquez hilang kendali dan terjatuh.

Marquez akhirnya tak bisa melanjutkan kualifikasi memperbaiki waktunya. Padahal masih cukup banyak waktu.

SILVERSTONE - Sesi kualifikasi MotoGP Inggris yang digelar di Silverstone, Sabtu (3/9) malam WIB berlangsung dramatis. Di atas lintasan yang basah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News