Muba Jalin Kerja Sama Hilirisasi Karet dengan Bandung

Muba Jalin Kerja Sama Hilirisasi Karet dengan Bandung
Plt Bupati Muba Beni Hernedi berbincang soal kerja sama hilirisasi karet dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: ist for jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi membuat nota kesepahaman dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuat nota kesepahaman terkait distribusi karet. Ya, karet yang diproduksi petani Muba akan dipasarkan ke pengusaha-pengusaha bandung.

“Bandung akan menjadi wilayah pertama yang bekerja sama dengan Muba terkait hilirisasi hasil karet. Nantinya, wilayah-wilayah lain di Jawa Barat akan ikut,” kata Beni, Sabtu (3/9).  Usai Bandung, ia berencana membuka kerja sama dengan Sukabumi.

Saat ini, kata Beni, Muba memiliki 300 ribu hektare lahan karet. Hal itu juga yang menjadikan Muba sebagai penghasil karet terbesar di Indonesia. 

Beni mengatakan, dalam tiga tahun belakangan harga karet jatuh. Kondisi tersebut yang membuat penghasilan petani berkurang. Apalagi, sambungnya, petani karet di Muba belum mengolah karet menjadi komoditas. Padahal produksi berlimpah, di mana satu desa bisa menghasilkan 50-100 ton karet. “Kami ada 200 desa,” tuturnya. 

Alhasil, pendistribusian hasil karet diyakini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Beni juga mengatakan, pasar lain di luar wilayah Bandung masih diperlukan. (dil/jpnn)


BANDUNG - Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi membuat nota kesepahaman dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuat nota kesepahaman terkait


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News