Kecil Dilempari Sampah, Besar jadi Wanita Tercantik Jepang

Kecil Dilempari Sampah, Besar jadi Wanita Tercantik Jepang
Priyanka Yoshikawa melempar senyum, usai dinobatkan menjadi Miss Japan 2016 di Tokyo, Senin (5/9) kemarin. Foto: AFP

jpnn.com - TOKYO - Nasib Priyanka Yoshikawa berubah. Senin (5/9) lalu, perempuan 22 tahun itu dinobatkan sebagai Miss Japan 2016, wanita tercantik di Negeri Matahari Terbit.

Tangis Yoshikawa ketika itu pecah seketika. Yoshikawa sangat terharu. Dia tidak menyangka ajang kecantikan di Jepang itu berpihak kepadanya. Yoshikawa memang bukan gadis Jepang biasa. Berayah pria asli India, Yoshikawa harus menjalani hidup sebagai haafu alias warga campuran yang...ya begitulah.

Dengan tiara Miss Jepang di atas kepalanya, kini Yoshikawa berhak mengikuti ajang Miss World 2016. Kesempatan untuk bicara tentang warga kelas dua.

"Setelah terpilih sebagai Miss Jepang, saya berharap bisa ikut mengubah persepsi publik (tentang haafu) agar kami mendapatkan tempat yang sama dalam masyarakat,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, di era globalisasi akan membuat jumlah haafu di Jepang meningkat. Karena itu, publik Jepang harus bisa menerima dan berbaur dengan haafu.

Dalam pidato kemenangannya, dia menyebut nama Ariana Miyamoto. Gadis berdarah Afrika-Amerika itu lebih dulu memenangkan kontes serupa. Bedanya, Miyamoto menjadi Miss Jepang yang dikirim ke kontes Miss Universe tahun lalu, bukan Miss World seperti Yoshikawa.

"Sebelum (kemenangan) Ariana (Miyamoto), tidak ada haafu yang bisa memenangkan kontes seperti ini,’’ ujar Yoshikawa. 

Masyarakat Jepang, menurut dia, masih diskriminatif terhadap haafu yang berjumlah hanya sekitar dua persen. Padahal, sebagai perempuan yang lahir di Kota Tokyo, dia lebih merasa Jepang ketimbang India. Sebab, dia jauh lebih lama tinggal di Negeri Sakura tersebut ketimbang di India.

TOKYO - Nasib Priyanka Yoshikawa berubah. Senin (5/9) lalu, perempuan 22 tahun itu dinobatkan sebagai Miss Japan 2016, wanita tercantik di Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News