Cross Border Festival di Sambas Dongkrak Kunjungan Wisman Malaysia Pelintas Batas

Cross Border Festival di Sambas Dongkrak Kunjungan Wisman Malaysia Pelintas Batas
Cross Border Festival di Sambas Dongkrak Kunjungan Wisman Malaysia Pelintas Batas

jpnn.com - SAMBAS – Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat pada 17-18 September kemarin menjadi lokasi Cross-Border Festival Wonderful Indonesia 2016. Event yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu bisa dibilang sukses  dan layak diberi emoticons bergambar tiga jempol.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Wilayah ASEAN Kemenpar, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, pada hari pertama (17/9) Cross-Border Festival saja ada 1.105 wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui perbatasan Indonesia-Malaysia. “Minggu 18 September naik lagi 2.227 orang Malaysia menonton festival,” katanya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana juga menguatkan pernyataan Rizki. Pitana yang makin concern menggarap pasar pariwisata pelintas batas itu menyebut jumlah wisman dalam Cross Border Festival yang mencapai 3.332 layak diacungi dua jempol.

Menurutnya, jempol pertama karena jumlah wisman yang hadir melonjak 300 persen dibandingkan festival serupa di Entikong, yang kotanya lebih besar. Artinya, event di perbatasan itu semakin populer dan diminati masyarakat di negeri tetangga. “Tidak sia-sia, festival ini sukses dan berimbas mendatangkan wisman. Konkret,” katanya.

Jempol kedua karena pelaksanaannya yang sukses meski koordinasi dan skema pengaturannya menyita waktu dan perhatian. Koordinasi keamanan, penghitungan pelintas batas, promosi di wilayah Malaysia, semuanya dijalankan dengan sabar dan penuh tanggung jawab.

“Pelaksanaannya lancar, tidak ada hambatan, dan semua puas dengan Festival Cross-Border itu,” katanya.

Sedangkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menambahkan jempol ketiga untuk kesuksesan Cross Border Festival di Sambas itu. Yakni keramaian festival yang membuat suasana Sambas dan sekitarnya menjadi lebih ramai, heboh, dan hidup.

Ekonomi masyarakat pun ikut terdongkrak. Kegiatan ekonomi dan sektor informal langsung bertumbuh dan meminta agar events seperti ini jangan berhenti di tengah jalan.

SAMBAS – Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat pada 17-18 September kemarin menjadi lokasi Cross-Border Festival Wonderful Indonesia 2016. Event

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News