Waduh, Nakhoda Tenggelamkan Kapal Demi Hilangkan Barang Bukti

Waduh, Nakhoda Tenggelamkan Kapal Demi Hilangkan Barang Bukti
Dua dari Empat kapal langsir ballpress tenggelam di Perairan Tanjung Siapi-api, Asahan, puluhan ABK melompak kelaut, Minggu (25/9). Foto: RIKKI SIREGAR/METRO ASAHAN/jpg

jpnn.com - ASAHAN – Petugas patrol Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Teluk Nibung berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pakaian bekas ke Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara.

Sayangnya, saat upaya penegahan kapal, puluhan anak buah kapal (ABK) langsung berusaha menenggelamkan kapal dengan cara merusak kapal langsir dengan membocorkan lambung kapal. Setelah itu, satu per satu mereka melompat ke laut.

Saat itu, ada empat buah kapal langsir yang sempat didekati kapal patroli. Namun dua kapal diantaranya langsung tenggelam sesaat kedatangan kapal patroli. 

Sementara dua kapal lagi, petugas masih sempat berusaha mengevakuasinya ke dermaga Teluk Nibung. Tapi di tengah perjalanan, dua kapal langsir itu tenggelam.

Dalam upaya pencegahan penyelundupan barang bekas itu, petugas hanya  berhasil mengamankan tiga ballpress berisi pakaian bekas.

“Kami sudah berusaha, ada puluhan ABK berusaha melarikan diri dengan cara terjun ke laut,” ujar Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung Fuad Fauzy, melalui Kasi P2 Muhammad Firdaus, didampingi Kasubsi Inteligen Rahmad Sembiring, seperti diberitakan METRO ASAHAN (Jawa Pos Group) hari ini, (27/9). 

Rahmad mengungkapkan, sebelum mereka melarikan diri, kapal-kapal langsir tersebut terlebih dahulu dirusak.

Ia mengatakan, pencegahan tersebut bermula saat pihak Satgas Patroli Bea Cukai Teluk Nibung bergerak dari Pangkalan KPPBC TMP C Teluk guna melakukan patroli di Perairan Selat Malaka. Dalam perjalanannya, petugas mendapat informasi bahwa di jatuhan golok Tanjung Siapi-api sedang berlangsung tindakan melangsir barang selundupan dari luar negeri.

ASAHAN – Petugas patrol Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Teluk Nibung berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pakaian bekas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News