Ziarah ke Makam Soeharto, Panglima: TNI Dilahirkan Para Pahlawan

Ziarah ke Makam Soeharto, Panglima: TNI Dilahirkan Para Pahlawan
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Ny Nenty Gatot Nurmantyo saat ziarah dalam rangka HUT ke-71 TNI ke makam Presiden RI ke-2 Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (28/9). FOTO: Dok.Puspen TNI

jpnn.com - JAKARTA - Kita harus meneladani para pendahulu. Karena TNI dilahirkan oleh para pahlawan tersebut.

“Ingat,  jangan terhapus perjalanan sejarah ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya,” ujar Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat ziarah dalam rangka HUT ke-71 TNI ke makam Presiden RI ke-2 Soeharto di Astana Giribangun Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (28/9).

Menurutnya, gagasan membangun tradisi baru TNI kali ini memiliki nilai manfaat, apabila secara mendalam digali, dipahami dan diteladani oleh seluruh Prajurit TNI.

“Dalam sejarah perjuangan bangsa itu terdapat peristiwa-peristiwa penting yang bernilai guna sebagai pembelajaran, kemudian dalam peristiwa penting itu terdapat tokoh-tokoh penting juga,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menurut Gatot, sosok Almarhum Bapak Soeharto merupakan pelaku sejarah yang memiliki jiwa kejuangan tinggi dan prajurit patriot serta dapat menginspirasi generasi muda dalam rangka menegakkan NKRI.

“Beliau pelaku perjuangan, menjaga keutuhan NKRI pada saat beliau perwira, beliau juga Presiden Panglima tertinggi TNI pada masanya, tentunya banyak yang digali dari sosok beliau, para sesepuh dan senior-senior saya selalu mengintip kalau pak harto melaksanakan latihan dan ditauladani oleh mereka juga,” ungkap Panglima TNI.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengingatkan perjuangan generasi muda saat ini sangat sulit karena melawan bangsa sendiri, sehingga diperlukan persatuan sebagai solusinya.

“Mari kita bersatu membangun bangsa karena saat ini persaingan antar bangsa sangat ketat, hanya persatuan yang bisa mengalahkan semuanya, dan apabila kita bersatu saya yakini Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang,” ujar mantan Kepala Staf TNI AD ini.

JAKARTA - Kita harus meneladani para pendahulu. Karena TNI dilahirkan oleh para pahlawan tersebut. “Ingat,  jangan terhapus perjalanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News