Hikayat Tole Iskandar (2)

Hikayat Tole Iskandar (2)
Rumah Tole Iskandar di Depok. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - LASKAR 21 pimpinan Tole Iskandar memainkan peranan penting dalam peristiwa Gedoran Depok. Karena dendam, rumah Tole pun dibakar rombongan Belanda Depok yang datang balas dendam bersama NICA.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

11 Oktober 1945. Merujuk laporan intelijen Belanda, hari itu ribuan orang menyerbu Depok dari seluruh penjuru mata angin.

Orang Depok dijarah takluk. Mereka yang "diistimewakan" di zaman Belanda, tak kuasa menahan gempuran laskar-laskar rakyat yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Nyaris-nyaris serupa tragedi 1998, harta benda orang Depok dijarah massa. Yang melawan dibunuh.

Dalam suasana chaos itu, Laskar 21 pimpinan Tole Iskandar tampil ke muka. 

Mereka mengumpulkan orang Belanda Depok. Lalu membaginya jadi dua kelompok. Perempuan dan anak-anak di Gemeente Bestuur (sekarang RS Harapan Jl. Pemuda). Laki-laki dibawa ke Stasiun Depok dan kemudian ditahan di penjara Paledang, Bogor.

“Laskar 21 tidak pernah menyakiti orang Depok yang menjadi tawanan," ungkap Ngkong Asbih, anggota Laskar 21, dalam sebuah kesempatan. 

LASKAR 21 pimpinan Tole Iskandar memainkan peranan penting dalam peristiwa Gedoran Depok. Karena dendam, rumah Tole pun dibakar rombongan Belanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News