Industri Pariwisata Kepri Beri Respons Positif untuk Go Digital

Industri Pariwisata Kepri Beri Respons Positif untuk Go Digital
Foto: dokumen batampos.co.id

jpnn.com - BATAM - Ada cahaya cerah dari pertemuan Pentahelix Go Digital Be The Best di Pacific Palace Hotel, Batam, Kepri pada Selasa lalu (4/10).

Para pelaku bisnis pariwisata memberi respons positif atas Digital Market Place Platform yang ditawarkan secara B to B (business to business) oleh Indonesia Travel Exchange (ITX). Sedikitnya 30 industri, baik suplier maupun travel distributor langsung mendaftar dan bergabung.

"Mirip dengan saat sosialisasi Go Digital di Lombok, tidak banyak yang langsung gabung menjadi members. Mereka pelajari dulu, sistem, prosedur dan prospeknya, setelah itu baru berbondong-bondong resmi masuk. Dari 30 travel agent baru masuk 19 saja, sedang dari hotel, resort, golf, dari 90 supplier ada 11 yang teken. Saya optimis setelah ini akan semakin ngebut," kata  Dicke Adhitya Rustiadi, GM Tourism & Hospitality yang juga Satgas ITX di Batam.

Dicke mengakui, tidak mundah menjelaskan platform Digital Market Place yang dinamai ITX ini. Semacam pasar atau mall yang menjadi connector antara supply dan demand dalam ekosistem pariwisata.

ITX bukan online travel agent (OTA), tapi untuk mensimplifikasi proses. ITX membuka pasar yang lebih luas sampai ke mancanegara. “Dan ITX bukan hanya IT platform untuk tourism, tetapi juga bisa dijadikan alat untuk meningkatkan bisnis pelaku industri pariwisata," kata Dicke.

Lantas apa keunggulan menggunakan ITX itu? Pertama adalah komprehensif.

Semua pemilik produk wisata mulai dari akomodasi, transportasi, restoran, event, attraction, merchandise, paket wisata, dari skala kecil sampai skala besar, baik yang sudah memiliki booking system maupun yang belum, baik yang online travel agent maupun konvensional. "Semua yang berbadan hukum dapat bergabung dengan ITX," jelas Dicke.

Kedua, cost effective! Free setup fee alias gratis bergabung di ITX berpotensi membuka kesempatan pasar yang lebih luas, beragam portofolio dan jumlah produk yang jauh lebih banyak, dan mensimplifikasi proses yg ada cost & waktu efektif.

BATAM - Ada cahaya cerah dari pertemuan Pentahelix Go Digital Be The Best di Pacific Palace Hotel, Batam, Kepri pada Selasa lalu (4/10). Para pelaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News