Suplai Melimpah Harga Bawang Merah Turun

Suplai Melimpah Harga Bawang Merah Turun
Ilustrasi penjual bawang merah. FOTO : jawapos

SURABAYA – Suplai yang diperkirakan melimpah dua bulan ke depan membuat tren harga bawang merah menurun. Harga di tingkat petani saat ini Rp 16 ribu per kg.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia Ikhwan Arif mengatakan, rata-rata produksi bawang merah turun 10-20 persen. Yakni, menjadi 8 ton per hektare. Padahal, pada musim panen Agustus lalu, produsinya 10 ton per hektare. Dengan kondisi maksimal, produksi bisa mencapai 16-18 ton per hektare. 

Walaupun demikian, penurunan itu tidak sampai mengganggu pemenuhan kebutuhan bawang merah di dalam negeri. ''Justru suplai akan melimpah,'' katanya kemarin (11/10). 

Pasokan itu naik terutama karena bertambahnya area tanam dan pendistribusian benih impor oleh Bulog. Tersedia 1.000 ton benih yang dijual dengan harga lebih rendah daripada harga pasaran. Harga benih impor tersebut dijual Rp 30 ribu per kg, sedangkan harga di pasaran Rp 45.000-Rp 50.000 per kg. Hasil dari benih tersebut siap dipanen dua bulan ke depan. 

SURABAYA – Suplai yang diperkirakan melimpah dua bulan ke depan membuat tren harga bawang merah menurun. Harga di tingkat petani saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News