Dua Tahun Jokowi-JK, Survei SMRC: Mayoritas Publik Puas

Dua Tahun Jokowi-JK, Survei SMRC: Mayoritas Publik Puas
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan riset tentang tingkat kepuasan publik atas 2 tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hasilnya, publik puas dengan kinerja duet yang beken dengan sebutan Jokowi-JK itu.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, dalam 2 tahun terakhir kinerja pemerintahan Jokowi-JK terus mengalami kemajuan di  bidang ekonomi, kesejahteraan, pembagunan infrastruktur, politik nasional, penegakan hukum dan keamanan nasional. Berdasar survei SMRC pada 13-17 Oktober 2016 terhadap 1.220 responden, ada 61,4 persen responden menyatakan cukup puas.

 

Sedangkan 7,4 persen mengaku sangat puas. Sisanya, ada 26,3 persen yang mengaku kurang puas, serta 3 persen yang tidak puas. "Mayoritas publik juga puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK," ujar Sirojudin di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (23/10).

Dalam sektor ekonomi, 45 persen responden merasakan adanya perbaikan kodisi dibanding tahun lalu. Hal itu bisa dilihat dari kondisi ekonomi rumah tangga maupun kondisi ekonomi nasional.

Sedangkan 23 responden merasa tidak puas. Sisanya, ada 31 persen responden yang menganggap tidak ada perubahan.

Namun, Jokowi-JK mengantongi tingkat kepuasan publik yang tinggi di bidang pembangunan infrastruktur. Ada 75 persen responden yang menilai kondisi jalan raya semakin baik.

Sedangkan di bidang kesejahteraan rakyat, publik merespons Jokowi-JK masih perlu bekerja lebih keras. Mayoritas responden atau 56 persen menilai pengangguran sekarang lebih banyak dibanding tahun lalu.

Sedangkan 16 persen responden menilai angka pengangguran berkurang. Sisanya, 20 persen responden menganggap kondisinya sama saja.

JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan riset tentang tingkat kepuasan publik atas 2 tahun pemerintahan Joko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News