Medsos Memicu Remaja Hamil di Luar Nikah

Medsos Memicu Remaja Hamil di Luar Nikah
BAHAYA: Minimnya pengetahuan tentang seks, membuat banyak perempuan hamil di luar nikah. Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com KEBOMAS – Kehamilan yang tidak diinginkan menjadi fenomena yang terus berkembang.

Ini terjadi lantaran penyalahgunaan media sosial dan gadget. Bahkan, kehamilan di luar nikah dianggap biasa karena saking banyaknya kasus belakangan ini.

Ketua Dharma Wanita Gresik, Neng Esti Utami Djoko Sulistio Hadi, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab. 

“Termasuk hubungan seks bebas tanpa alat kontrasepsi, menjadi korban perkosaan atau pasangan muda yang baru menikah dan tak ingin menambah jumlah anak,” ujarnya.

Menurut dia, faktor lainnya adalah semakin gencarnya media sosial, gadget atau media informasi yang semakin mudah diakses. Selain itu jugaminimnya informasi tentang seks. 

“Sehingga perlu ada pengawasan orang tua. Khususnya ketika berhadapan dengan internet, lingkungan sekitar dan pergaulan, agar tak terjebak dalam pergaulan bebas,” terang dia.

Sementara dokter Artiah, perwakilan dari Rumah Sakit Ibnu Sina, dalam paparannya lebih menekankan pada menjaga kebersihan organ reproduksi.

“Yakni keadaan kesejahteraan fisik, mental, social yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem, fungsi-fungsi dan proses reproduksi,” katanya.

JPNN.com KEBOMAS – Kehamilan yang tidak diinginkan menjadi fenomena yang terus berkembang. Ini terjadi lantaran penyalahgunaan media sosial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News