Dorong Industri Kecil Menengah Gunakan Kemasan Aman

Dorong Industri Kecil Menengah Gunakan Kemasan Aman
Dorong Industri Kecil Menengah Gunakan Kemasan Aman

jpnn.com - JAKARTA--Mencegah bahaya keracunan pada makanan akibat pemilihan kemasan yang tidak aman, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar melakukan sosialisasi.

Menurut Arie Listyarini dari Balai Besar Kimia dan Kemasan, Kemenperin, pihaknya bersama Balai Besar POM dan dinas terkait rutin menggelar edukasi ke masyarakat.

Terutama industri kecil dan menengah tentang bagaimana memilih kemasan yang baik untuk membungkus produksi makanan mereka.

"Sehingga produk makanan yang dibungkus dalam kemasan sampai ke masyarakat dalam keadaan tetap baik dan aman untuk kesehatan," ujar Arie di Jakarta, Jumat (18/11).

Namun diakui Arie Listyarini, upaya yang harus terus dilakukan pemerintah adalah terkait pengawasan di lapangan.

Karena ada saja para pihak yang bandel dengan menjual produk yang tak memenuhi GMP maupun HACCP.

‎"Produksi kemasan untuk makanan seharusnya mengikuti tata cara prmbuatan produk yang baik atau Good Manufacturing Practices (GMP) serta analisa bahaya dan pengendalian titik kritis atau Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) mulai dari bahan baku, hingga proses pemasaran," pungkasnya.‎ (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Mencegah bahaya keracunan pada makanan akibat pemilihan kemasan yang tidak aman, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar melakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News