Kapolri Dinilai Sukses Buat Aksi 212 Jadi Superdamai

Kapolri Dinilai Sukses Buat Aksi 212 Jadi Superdamai
Jenderal Tiro Karnavian. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto menilai, kinerja Kapolri Tito Karnavian dinilai sudah maksimal dan positif dalam menanggulangi situasi keamanan nasional belakangan ini. 

Tito dianggap berhasil mengantisipasi kemungkinan buruk yang ditimbulkan pada aksi 2 Desember maupun 4 Desember beberapa hari ini. Langkah yang dinggap penting dan brilian yang dilakukan oleh Kapolri Tito adalah upayanya dalam merangkul dan mengajak berdialog berbagai kalangan sebelum aksi 212. 

“Upaya Jenderal Tito merangkul dan mengakomodasi doa bersama menjadi sebuah terobosan yang penting dan layak kita hargai bersama”, ujar Toto kepada media (6/12). 

“Pengumpulan massa hingga jutaan orang dalam satu titik itu membawa isu yang sensitif adalah hal rawan dan rentan konflik, tetapi berhasil diminimalisir oleh aparat kepolisian”, lanjut Toto.

Toto mengingatkan sikap akomodatif kepolisian pada aksi 212 maupun 412 kemarin perlu ditradisikan dan pada saat yang bersamaan kepolisian menghindarkan sikap yang represif dan intimidatif. 

Terbukti, sikap yang persuasif dan akomodatif dianggap lebih efektif dalam menanggulangi gangguan keamanan yang dianggap bakal terjadi.

“Perubahan bentuk dari aksi massa menjadi doa bersama adalah hasil dari kompromi dan dialog yang sangat tepat dan dapat mempengaruhi secara psikologis terhadap peserta aksi”, kata Toto. 

“Aksi massa 212 yang diikuti jutaan orang terbukti berhasil berjalan secara damai dan tertib, bahkan dipuji-puji karena tidak menimbulkan gangguan sosial sama sekali”, kata Toto.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto menilai, kinerja Kapolri Tito Karnavian dinilai sudah maksimal dan positif dalam menanggulangi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News