KLHK Rangkul Berbagai Elemen Menjaga Lingkungan

KLHK Rangkul Berbagai Elemen Menjaga Lingkungan
Menteri LHK Siti Nurbaya saat menghadiri malam penganugerahan Miss Earth 2016. KLHK merangkul berbagai elemen masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Foto for JPNN.com

jpnn.com - PERSOALAN lingkungan, senantiasa berhulu di perilaku. Karena itulah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), merangkul berbagai elemen masyarakat, untuk ikut bersama-sama menjadi agen perubahan mengawal perilaku yang cinta lingkungan.

Elemen pertama adalah kalangan mahasiswa. Menteri Siti mengajak kalangan muda mencintai lingkungan. Tidak hanya itu, KLHK juga merangkul kontestan Miss Earth Indonesia 2016 yang mengikuti kontes Miss Earth Internasional.  

Diharapkan mereka dapat menjadi pembicara untuk masalah lingkungan hidup, tidak hanya Indonesia, namun juga isu-isu lingkungan yang tengah terjadi di dunia mendatang serta dapat menyuarakan Pola Hidup Hijau : “Saving The Earth Through Eco Lifestyle”,untuk menyelamatkan Bumi ke seluruh dunia.

''Miss Earth Indonesia 2016 sebagai Duta Lingkungan Hidup, kiranya dapat ikut berperan serta dalam 'Awareness Program' sebagaimana yang telah digariskan dan sepakati oleh UNEP – UNFCCC,'' kata Menteri Siti. 

Penyadartahuan tersebut antara lain berhubungan dengan Pemanasan Global, Perubahan Cuaca, Bio-diversity, RenewableEnergy, Kyoto Protocol, Perlindungan Satwa, Masalah Air Bersih, Masalah Pencemaran Udara, Masalah Sampah dan Limbah, Masalah Pengerusakan Hutan, Masalah Kali/Danau Bersih dan Masalah di Laut (Terumbu Karang) dan sebagainya. 

KLHK juga menjalin kerjasama dengan Muhammadiyah sebagai salah satu civil society berbasis umat. Menteri Siti bersama dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si menandatangani Nota Kesepahaman tentang Konservasi Sumberdaya Hutan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Wujud dari kerjasama tersebut adalah untuk menjalin penguatan umat serta komunitas khususnya Muhammadiyah dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan.

''Berbagai kerjasama ini penting untuk penguatan komunitas dalam tata kelola lingkungan secara berkelanjutan sehingga terbentuk good environmental governance,'' kata Menteri Siti.

PERSOALAN lingkungan, senantiasa berhulu di perilaku. Karena itulah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), merangkul berbagai elemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News