Siapkan Anggaran UNBK Rp 26,5 Miliar

Siapkan Anggaran UNBK Rp 26,5 Miliar
KONSENTRASI: Siswa SMAN 5 Surabaya saat mengikuti UNBK 2016. Walaupun belum pasti pengelolaan SMA/SMK, namun Pemkot Surabaya menganggarkan Rp 26,5 miliar untuk UNBK 2017. Foto Andy Satria/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com SURABAYA - Meskipun sudah dikelola Pemprov Jatim, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya tetap akan menyukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 baik di jenjang SMA/SMK maupun SMP.

Hal itu dibuktikan dengan adanya pengadaan anggaran UNBK yang mencapai angka Rp 26,5 miliar.

Anggota Komisi D DPRD Surabaya Reni Astuti mengatakan, bila tahun ini pengadaan UNBK disiapkan dana Rp 26,5 miliar.

“Anggaran itu digunakan untuk klien dan server. Pemkot masih meyakini bisa mengelola SMA/SMK. Jikapun tidak nanti bisa dialokasikan untuk untuk SMP,” kata Reni di Forum Diskusi Pendidikan di Unesa seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Kamis (22/12).

Anggaran itu bisa digunakan untuk tiga ribu unit komputer. Dengan hitungan satu unit komputer seharga Rp 9,2 jutaan.

Tak hanya menyediakan anggaran untuk pengadaan server dan klien, APBD Surabaya juga menganggarkan alokasi testing center sebesar Rp 1,5 miliar.

Reni menyatakan bila tidak bisa difungsikan untuk pengadaan SMA/SMK, langsung dialokasikan untuk SMP.

”Tapi, jikapun dialokasikan untuk SMP mungkin hanya yang negeri. Tidak bisa mengcover swasta. Jadi swasta tetap sendiri,” imbuh Reni.

JPNN.com SURABAYA - Meskipun sudah dikelola Pemprov Jatim, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya tetap akan menyukseskan Ujian Nasional Berbasis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News