Kalkulator Tertua Masuk Rekor Dunia

Kalkulator Tertua Masuk Rekor Dunia
Kalkulator Tertua Masuk Rekor Dunia
LONDON--Sebuah kalkulator masuk Guinness Book of Records sebagai komputer digital pertama yang masih beroperasi. The Harwell Dekatron sebelumnya berada di Museumn Nasional Komputasi di Buckinghamshire, Inggris dan pertama kali dipakai tahun 1951.

Kalkulator generasi pertama ini sempat dilucuti dan disimpan di gudang sebelum dibangun kembali agar bisa beroperasi normal. Perlu restorasi tiga tahun sebelum komputer itu berhasil menyala kembali.

Menurut BBC (24/1), komputer itu dibuat untuk satu pusat penelitian energi di Oxfordshire, menggantikan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh mesin penghitung. Dengan tinggi dua meter dan lebar enam meter, dirancang dan mulai dikerjakan tahun 1949. komputer ini sempat dijuluki "Penyihir" oleh masyarakat.

Beratnya mencapai 2,5 ton dan membutuhkan waktu 10 detik untuk mengerjakan penghitungan dua angka namun bisa diandalkan karena sering digunakan sampai 80 jam dalam seminggu.

LONDON--Sebuah kalkulator masuk Guinness Book of Records sebagai komputer digital pertama yang masih beroperasi. The Harwell Dekatron sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News