Penerapan Teknologi Pertanian Makin Memikat Anak Muda

Penerapan Teknologi Pertanian Makin Memikat Anak Muda
Traktor alat pemanen. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Penerapan teknologi pertanian semakin memikat anak muda di tanah air. Farid (35) misalnya, dia mengaku kagum dengan perlengkapan teknologi pertanian yang diterapkan pemerintah sejak memasuki era revolusi industri 4.0. 

Menurut dia, kemajuan ini bahkan lebih pesat dari perkembangan teknologi sektor lain.

"Saya baru tau ada drone penebar benih dan traktor alat pemanen pengering. Semuanya bergerak dengan kekuatan komputer. Jadi semuanya tinggal klik," ujar pemuda asal Desa Junwangi saat ramah tamah pada peluncuran pertanian modern di Sidoarjo, Jawa Timur (29/6) lalu.

Farid mengatakan penggunaan teknologi pada lahan pertanian Indonesia akan berdampak baik pada sisi kesejahteraan petani. Apalagi jika penggunaan alat ini mampu memacu hasil produksi secara signifikan.

BACA JUGA: Terbukti Sukses, Mentan Amran Minta Sejumlah Program Strategis Dipertahankan

"Saya dengar sebagian alat yang dipakai merupakan buatan dalam negeri. Ini namanya ada perkembangan yang pesat pada sektor pertanian kita, atau lebih pesat dari pertanian negara lain," katanya.

Farid mengaku bangga karena nyaris semua hasil panen bisa dibeli lewat internet dengan sistem online. Terlebih kemudahan ini bisa diakses oleh masyarakat luas dengan mengunjungi website resmi toko tani kementerian pertanian.

"Beli sayur mayur, daging, telur, buah dan hasil produksi petani bisa dengan menekan klik. Sebagai anak muda, saya juga merasa tertantang dengan perkembangan yang ada ini," katanya.

Modernisasi pertanian juga sukses meningkatkan kesejahteraan pada Nilai Tukar Petani (NTP) maupun Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News