1 Juta Jiwa Tinggalkan Ukraina 7 Hari Terakhir

1 Juta Jiwa Tinggalkan Ukraina 7 Hari Terakhir
Seorang perempuan dan anjingnya menunggu di stasiun kereta setelah melarikan diri dari invasi Rusia ke Ukraina, di Przemysl, Polandia, Rabu (2/3/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Yara Nardi/rwa/cfo (REUTERS/YARA NARDI)

jpnn.com, UKRAINA - Kepala Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi menyebut sebanyak satu juta jiwa rakyat Ukraina meninggalkan negaranya dalam tujuh hari terakhir.

Rusia diketahui menginvasi Ukraina sepekan terakhir.

Filippo Grandi menyatakan hal tersebut lewat kicauannya di Twitter, Kamis (3/3).

“Hanya dalam tujuh hari, kami sudah menyaksikan eksodus satu juta pengungsi dari Ukraina ke negara-negara tetangga,” ujar Grandi dalam kicauannya.

“Bagi jutaan orang lainnya di dalam Ukraina, sudah waktunya bagi senjata untuk diam, sehingga bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa dapat diberikan,” katanya.

Sebelumnya, rumah-rumah warga sipil di kota Kharkiv, Ukraina, terus-menerus dibombardir dan terkena dampak dari serangan misil yang dilancarkan Rusia ke kota tersebut.

"Kami terus-menerus dibombardir dengan sedikit jeda."

"Mereka mengebom rumah-rumah sipil secara acak untuk menimbulkan ketakutan," kata Volodymyr Yuriyovych Yurchenko (24 tahun) kepada ANTARA melalui aplikasi Telegram.

Sebanyak satu juta jiwa rakyat Ukraina meninggalkan negaranya dalam tujuh hari terakhir.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News