10 Bulan Gibran Pimpin Solo, FX Hadi Rudyatmo: Masih Mencari Bentuk

10 Bulan Gibran Pimpin Solo, FX Hadi Rudyatmo: Masih Mencari Bentuk
Mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, SURAKARTA - Mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo alias Rudy menilai penerusnya, Gibran Rakabuming Raka, masih memerlukan adaptasi dalam memimpin pemerintahan di daerahnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menyatakan Gibran sebagai wali kota Surakarta masih harus mencari bentuk kepemimpinan.

“Jadi pelayan masyarakat seperti pemimpin itu butuh waktu. Kalau lima tahun kerja, yang paling efektif cuma tiga tahun,” kata Rudy di sela-sela kegiatan DPC PDIP Surakarta di Sunan Jogokali Pucangarum, Pucang Sawit, Jebres, Minggu (19/12).

Gibran yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjabat wali kota Surakarta pada Februari 2021 atau 10 bulan yang lalu.

Rudy menjelaskan tahun pertama kepemimpinan kepala daerah digunakan untuk adaptasi wilayah. Kemudian, pada tahun kelima, kepala daerah sebagai petahana sudah mulai disibukan dengan kompetisi politik.

Pak Berengos -panggilan akrab Rudy- mengeklaim capaian Gibran saat ini masih merupakan hasil Kebijakan Umum APBD Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) pada saat dirinya dan Ahmad Purnomo memimpin Surakarta.

“Saya menilai objektif saja, ini masih perlu mencari bentuk,” kata ketua DPC PDIP Surakarta itu.

Rudy juga menyebut perubahan APBD Kota Surakarta pada masa kepemimpinan Gibran sejauh ini belum signifikan.

Mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo alias Rudy menilai penerusnya, Gibran Rakabuming Raka, masih memerlukan adaptasi dalam memimpin pemerintahan di daerahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News