10 Film Indonesia Terlaris Bersaing di IBOMA 2018

10 Film Indonesia Terlaris Bersaing di IBOMA 2018
Dewan juri, produser film, serta aktor memberikan keterangan pers terkait Indonesian Box Office Movie Awards pada Rabu (14/3). Foto: Imam Huseni/Jawa Pos

jpnn.com - Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2018 siap dihelat pada Jumat (23/3). Disiarkan langsung oleh SCTV, ajang penghargaan untuk insan perfilman tanah air tersebut menetapkan 15 kategori apresiasi bagi sepuluh film terlaris pada 2017.

IBOMA diklaim berbeda dengan penghargaan film lain. Sebab, yang menjadi penyeleksi awal adalah penonton.

Animo masyarakat untuk menonton film Indonesia di bioskop terus meningkat. Hal itu tentu membahagiakan dan membuat industri perfilman makin bergairah.

Kriteria film-film yang masuk seleksi IBOMA adalah yang meraup lebih dari 1 juta tiket bioskop. Sepuluh tertinggi pada 2017 meliputi Pengabdi Setan, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2, Ayat-Ayat Cinta 2, Danur: I Can See Ghosts, Jailangkung, Susah Sinyal, Surga yang Tak Dirindukan 2, Mata Batin, The Doll 2, serta Surat Cinta untuk Starla The Movie.

Dewan juri IBOMA terdiri atas tujuh tokoh yang banyak berkecimpung dalam produksi film. Baik di depan maupun belakang layar. Mereka adalah Erwin Arnada, Gina S. Noer, Lola Amaria, Prisia Nasution, Rako Prijanto, Sentot Sahid, dan Titi Rajo Bintang.

’’IBOMA memberikan energi baru, bahwa film yang laris itu juga berkualitas,” papar Erwin dalam konferensi pers di SCTV Tower lantai 8, Senayan, Jakarta, Rabu sore (14/3).

Bukan hal yang mudah bagi tim juri untuk menentukan pemenang pada 15 kategori. Yakni, Film Box Office Tahun Ini, Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Film Terbaik, Produser Film of the Year, Original Soundtrack Terbaik, Ensemble Cast Terbaik, dan Top 10 Film Box Office Indonesia 2017.

Penentuan kategori box office dalam industri film diukur dari jumlah penonton. Ada yang dari gros dan neto penghasilan. ”Tapi, di sini kita tidak terbiasa mengeluarkan angka pendapatan itu. Tolok ukurnya masih di jumlah penonton,” lanjut Erwin.

Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2018 siap dihelat pada Jumat (23/3). IBOMA diklaim berbeda dengan penghargaan film lain.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News