10 Kabupten Siap Amankan Pasokan Pangan Jabodetabek

10 Kabupten Siap Amankan Pasokan Pangan Jabodetabek
Mentan Amran Sulaiman dalam acara Rapat Kordinasi Gabungan di Kantor Badan Litbang Pertanian, Jakarta, Selasa (9/5). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa 10 kabupaten siap untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok di kota besar khusunya Jabodetabek.

Kebijakan ini diambil agar pasokah pangan dapat terus terpenuhi dan menghindari adanya gejolak harga pangan pokok masyarakat di Jabodetabek.

"Kita harus memanfaatkan daerah perbatasan kota yang memiliki sumberdaya dan lahan yang subur, untuk menyangga kebutuhan pangan masyarakat di kota besar, " jelas Mentan dalam acara Rapat Kordinasi Gabungan di Kantor Badan Litbang Pertanian, Jakarta, Selasa (9/5).

Sepuluh kabupaten yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabodetabek adalah Serang,lebak, Pandeglamg, Sukabumi, Lampung selatan, Lampung timur, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Karawang.

"Saat ini kita harapkan 250.000 hektare dapat disiapkan untuk penuhi kebutuhan Jagung di Jabodetabek, " ujar Mentan.

Mentan dalam Rakorgab tersebut menyatakan bahwa untuk tahap awal akan penuhi kebutuhan Jagung Jabodetabek.

Diketahui bahwa Jagung hasil produksi dalam negeri memiliki kualitas yang lebih baik dari jagung impor. Sehingga selama 2 tahun ini impor Jagung berkurang dan tidak ada lagi permintaan dari para importir Jagung.

Keberhasilan ini juga turut di apresiasi oleh Presiden RI yang disampaikan saat mengadiri perhelatan Penas XV 2017 yang diadakan pada tanggal 6 Mei 2017 kemarin atas kinerja Kementan mengurangi impor jagung.
"Saya juga ucapkan terimakasih kepada teman-teman GPMT (Gapungan Pengusaha Makan Ternak) atas kontribusi yang luar biasa dalam menyerap produksi jagung petani dalam negeri,sehingga impor jagung berkurang " ujar Mentan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa 10 kabupaten siap untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok di kota besar khusunya Jabodetabek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News