10 Srikandi Bengkulu Berpotensi Maju Pilwako

10 Srikandi Bengkulu Berpotensi Maju Pilwako
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BENGKULU – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2018, diprediksi bakal diramaikan kalangan perempuan. Setidaknya sudah muncul 10 nama srikandi Bengkulu yang berpotensi maju Pilwakot. 

Antara lain, Wakil Walikota Bengkulu, Patriana Sosialinda, Ketua DPRD Kota, Erna Sari Dewi, Ketua DPD PDIP Provinsi, Elva Hartati, Ketua DPD Gerindra Provinsi, Susi Marleny Bachsin dan anggota DPRD Provinsi dari PKS, Sefti Yuslinah. 

Termasuk anggota DPD RI, Riri Damayanti, politisi PKB, Lenny Haryati John Latief, politisi PKS, Kuratul Aini dan politisi PDIP dan Emilia Puspita. Bahkan selain 9 politisi perempuan itu, nama tokoh akademis perempuan Bengkulu yang kini berprofesi dosen di Universitas Mercu Buana Jakarta, Susi Azhari juga mulai digadangkan bakal maju Pilwakot Bengkulu. 

‘’Selain sederet tokoh politik perempuan di Bengkulu, saya mulai mendengar nama Susi Azhari disebut-sebut di masyarakat sebagai figur cawali. Dia itu (Susi Azhari, red) asli warga Lembak Bengkulu,’’ ungkap Pengamat Politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Lamhir Syam Sinaga, M.Si seperti diberitakan Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group) hari ini (18/10). 

Peluang kalangan perempuan itu tidak hanya di kursi calon wakil walikota. Menurut Lamhir, dalam Pilwakot Bengkulu 2018 perempuan sekalipun tetap berpotensi diusung ke kursi calon walikota. Itu bisa dibuktikan dari beberapa tokoh politik perempuan yang menjabat pimpinan partai politik (parpol) di Bengkulu. 

‘’Artinya masyarakat, bahkan aktor politik itu sendiri sudah mengakui kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam politik,’’ terang Lamhir. 

Terlebih trend politik pilkada di kancah nasional belakangan ini memang tengah gandrung mengusung pasangan calon (paslon) laki-laki dan perempuan. Bahkan Pilwakot Bengkulu 2012 telah membuktikan paslon yang memadukan keterwakilan laki-laki dan perempuan sukses menjadi menjadi pemenang pilkada. 

‘’Dari pengamatan saya, tokoh perempuan akan banyak dilirik figur politik untuk diusung di Pilwakot. Baik yang memang berkecimpung di dunia politik, birokrat maupun akademis,’’ tutup Lamhir. (sca/ray/jpnn)

BENGKULU – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2018, diprediksi bakal diramaikan kalangan perempuan. Setidaknya sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News