100 Persen UNBK tapi 391 Sekolah Masih Menumpang

100 Persen UNBK tapi 391 Sekolah Masih Menumpang
Siswa SMA ujian nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Seluruh SMA / SMK / sederajat di Jawa Timur 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Namun Dindik Jatim tak menampik masih ada 391 sekolah yang menggelar ujian dengan menumpang di lembaga pendidikan lain.

Kepala Dindik Jatim Saiful Rahman mengakui, memang masih ada sekolah yang jumlah komputer belum memadai untuk pelaksanaan UNBK. Tetapi, dia memastikan semua sudah di atasi. Yakni dengan menggelar ujian di sekolah lain.

“Di jenjang SMA, hingga saat ini masih ada 391 sekolah yang terpaksa menggelar ujian di sekolah lain. Sedangkan,1.231 lembaga lainnya bisa menggelar ujian secara mandiri,” ujar Saiful Rahman seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Khusus bagi sekolah yang melaksanakan ujian di lembaga pendidikan lain, Saiful Rahman menyebutkan telah ada regulasi untuk itu. Dengan begitu ujian nasional sudah bisa dipastikan semua persiapan pelaksanaannya selesai.

Termasuk untuk sektor infrastruktur pendukung.Seperti listrik dan jaringan misalnya, pihaknya sudah bekerjasama dengan PT PLN maupun Telkom. ”Termasuk di wilayah-wilayah pinggir maupun kepulauan,” tuturnya.

Masih menurut Saiful Rahman, sekolah peserta UNBK juga menjalani sejumlah tryout. Tidak hanya mengecek kesiapan siswa mengahadapi UNBK saja, tryout juga mengetes seluruh komponen pendukung. Sehingga, permasalahan yang dikhawatirkan muncul, bisa diatasi.

”Termasuk tim teknis. Baik yang ada di tiap sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi sudah siap. Insya Allah tak ada masalah,” tegasnya.

Pelaksanaan UNBK tingkat SMA / SMK / sederajat di wilayah Jawa Timur sudah 100 persen menggunakan komputer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News