1.000 Calon Bintara Asli Papua Disebar di Pulau Jawa

1.000 Calon Bintara Asli Papua Disebar di Pulau Jawa
Calon bintara asli Papua. Foto: Dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - TNI AD memberikan pendidikan khusus bagi 1.000 calon bintara asal Papua. Para bintara itu dididik di sejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa untuk menjalani Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Otonomi Khusus Orang Asli Papua (OAP) Kodam XVIII Kasuari 2020.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan, pihaknya sengaja menyebar bintara asli Papua ke Pulau Jawa karena beberapa alasan.

"Pertama, saya selaku Pangdam, kami punya Rindam itu belum sempurna. Jadi. ada berapa pembina pengasuh pelatih dan alat fasilitas sarana belum terpenuhi sehingga kami titipkan di luar Kodam XVIII Kasuari," ujar dia sebagaimana tayangan YouTube TNI AD, Minggu (7/2) malam.

Kemudian yang kedua, untuk memberikan wawasan sehingga para siswa calon bintara mengetahui dan mengenal Indonesia secara utuh, bukan hanya Papua dan Papua Barat.

Ketiga, jumlah siswa calon bintara yang lolos seleksi cukup banyak mencapai 1.000 orang sehingga tidak mungkin bisa ditangani pendidikannya hanya oleh satu Rindam.

"Kebetulan yang kami lihat siap dan bagus itu sementara di daerah Jawa, dan kebetulan kosong pendidikan di sana sehingga kami titip pendidikan di daerah Jawa," katanya.

Sebanyak 1.000 calon bintara itu, terdiri atas 330 siswa dikirim ke Rindam III/Siliwangi Bandung, 240 siswa bintara ke Rindam IV/Diponegoro Semarang, 260 siswa ke Rindam V/Brawijaya Surabaya, dan 130 calon bintara ke Rindam Jaya Jakarta.

Kemudian, sebanyak 40 putri asli Papua mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad), Lembang, Bandung.

TNI AD memberikan pendidikan khusus bagi 1.000 calon bintara asal Papua, dengan mengirim mereka ke Pulau Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News