1000 Calon Pejabat Tinggi Mulai Dites

1000 Calon Pejabat Tinggi Mulai Dites
Kepala BKN Bima Haria Wibisana (kiri). FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - ‎Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menggelar proses penilaian kompetensi dan kandidat pimpinan tinggi dalam Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) 2016. Kegiatan yang berlangsung mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2016 ini diikuti 1.000 peserta dari 43 instansi, dengan rincian enam instansi pusat dan 37 instansi daerah.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan hasil talent pool JPT ini bisa digunakan untuk memperpendek rangkaian seleksi terbuka dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi birokrasi.

“Dengan talent pool, kandidat pengisi JPT hanya perlu mengikuti proses wawancara untuk memperdalam hasil asesmen yang sudah dilakukan dalam Talent Pool JPT 2016 ini,” jelas Bima.

Talent pool JPT sejatinya merupakan database kompetensi dan potensi para pejabat tinggi birokrasi serta kandidat pejabat tinggi (yang saat ini berada dalam jabatan administrator).

Kepala BKN mengatakan ke depan pemerintah menargetkan terwujudnya database yang berisi individual competency profile bagi 4,5 juta PNS. Di mana dalam database itu akan termuat data mengenai kompetensi dan potensi setiap PNS, yang terdiri dari latar belakang pendidikan, pengalaman diklat (pendidikan dan pelatihan) serta riwayat jabatan setiap PNS.

“Dengan data yang ada itu kita bisa memprediksi kompetensi setiap PNS. Kali ini kita mengawali dengan proses penilaian terhadap para PNS yang mengisi JPT dan PNS kandidat pengisi JPT dalam talent pool,” paparnya.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News