10.080 Desa Tertinggal Butuh Gedung SD

3.396 Desa Perlu Pondok Bersalin

10.080 Desa Tertinggal Butuh Gedung SD
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar mengatakan hingga saat ini tercatat 3.396 desa tertinggal masih sangat membutuhkan pondok bersalin.

“Selain itu sebanyak 10.080 desa saat ini juga masih sangat membutuhkan gedung Sekolah Dasar (SD). Jadi banyak hal yang memang harus kita seriusi agar desa lebih bermartabat tingkat kehidupannya,” ujarnya Selasa (23/12).

Menghadapi kondisi ini, Kementerian DPDTT, kata Marwan, telah menyusun data kebutuhan tiap desa yang meliputi seluruh aspek yang menjadi penopang berlangsungnya pembangunan pedesaan yang mandiri. 

Sementara itu terkait anggaran desa, Marwan menegaskan, akan memperjuangkan kenaikan dana desa yang sebelumnya dianggarkan Rp 9,1 triliun/tahun dalam APBN, menjadi Rp 47 triliun.

“Saya akan perjuangkan kenaikan anggaran. Karena menyangkut rakyat desa. Apalagi fakta mengenai kemiskinan di Indonesia masih merupakan fenomena pedesaan. Artinya, sebagian besar penduduk miskin masih di pedesaan di sektor pertanian dan perikanan,” katanya.

Menurut Marwan, meskipun dari tahun ke tahun kemiskinan di desa mengalami penurunan, namun jumlah penduduk miskin di desa secara absolut masih lebih banyak dibanding di kota. Di mana data memperlihatkan saat ini mencapai 19 juta orang, sementara di kota hanya 11,1 juta penduduk.

“Kemiskinan penduduk di kota pun merupakan angka absurd karena sebagian besar penduduk miskin di kota adalah orang desa yang miskin dan melakukan urbanisasi sirkuler untuk bekerja di sektor-sektor informal di kota. Secara relatif pula prosentasi jumlah penduduk miskin di desa jauh lebih tinggi dari pada di kota, yakni 14,4 persen berbanding 8,5 persen,” ujarnya.

Menurut Marwan, jumlah desa tertinggal saat ini yang mencapai 24,48 persen, atau 18.126 desa. Sebagian besar desa tertinggal berada di Indonesia bagian timur dan di perbatasan, pulau terdepan, terluar dan terpencil. 

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar mengatakan hingga saat ini tercatat 3.396 desa tertinggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News