10.465 Korban Banjir di Manado Belum Tersentuh

4.220 Rumah Rusak, 41.863 Ribu Jiwa Jadi Korban

10.465 Korban Banjir di Manado Belum Tersentuh
10.465 Korban Banjir di Manado Belum Tersentuh
MANADO — Pola distribusi bantuan yang terkesan kurang terorganisir dengan baik membuat banyak korban bencana mengeluh dan kecewa. Data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), korban bencana banjir dan longsor mencapai 41.863 jiwa.

Diperkirakan 25 persen korban bencana belum tersentuh bantuan secara maksimal. Itu berarti, ada sekira 10.465 ribu warga korban bencana yang belum tersentuh bantuan secara maksimal. Di beberapa titik bencana, ada sejumlah korban yang mengaku kurang diperhatikan. “Kami juga sama-sama korban. Tapi bantuannya kebanyakan tidak sampai kepada kami,” ujar seorang IRT di salah satu kelurahan di kawasan Manado Utara.

Lurah Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil, Hamzah Palintoh, mengaku bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak sudah cukup banyak. Tapi, ketika pendistribusian di lapangan, ada warga yang terlambat untuk mendapatkan bantuan, dan ada juga yang mengambil dua kali.

“Hal ini terjadi karena ketika pembagian ada warga sedang sibuk membersihkan rumah dan perabot masing-masing, sehingga mereka datang di posko bantuan hanya mendapatkan bantuan seadanya,” ungkap Hamzah.

MANADO — Pola distribusi bantuan yang terkesan kurang terorganisir dengan baik membuat banyak korban bencana mengeluh dan kecewa. Data di Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News