107 Sekolah Ikut Ujian Berbasis Komputer

107 Sekolah Ikut Ujian Berbasis Komputer
Siswa sedang mengikuti UNBK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/SMK tinggal satu bulan lagi yang dimulai 3 April 2017 hingga 6 April 2017 mendatang.

Di Maluku Utara (Malut), jumlah sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/SMK dan MA sebanyak 71 sekolah dengan total siswa sebanyak 7.374 orang. Sementara ujian berbasis kertas dan pinsil sebanyak 284 sekolah dengan jumlah siswa 11.203 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Malut Imran Jakub, seperti dilansir Malut Post (Jawa Pos Group), Senin(6/3).

Imran yang ditemui di sela-sela pembukaan kegiatan musyawarah guru penyusunan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di SMA Negeri 1 Kota Ternate, mengatakan, jika dilihat dari total sekolah pelaksana ujian berbasis nasional mencapai 107 sekolah. Sebab, selain SMA/SMK dan MA, juga SMP/MTS, sebanyak 36 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 4.360 orang.

Sementara jumlah sekolah SMP/MTs pelaksana ujian berbasis kertas dan pinsil sebanya 546 sekolah atau 19.821 siswa.

"Sementara jadwal pelaksana ujian nasional tidak dilakukan secara bersamaan. Untuk SMA dilaksanakan tanggal 3-6 April, SMK/MA tanggal 10-13 April, sementara SMP/MTs dilaksanakan tanggal 2-8 April," ungkapnya.

Sementara mata pelajaran yang diujikan lanjut Imran, untuk SMA, empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika ditambah satu mata pelajaran jurusan yang dipilih siswa masi-maasing.

“Misalnya jurusan IPA yang dipilih mata pelajaran Biologi, Fisika dan Kimia, sementara IPS adalah Sosiologi, Sejarah dan Ekonomi,” katanya.

Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/SMK tinggal satu bulan lagi yang dimulai 3 April 2017 hingga 6 April 2017 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News