1.084 Praja Utama Turun ke Lapangan, Rektor IPDN Beri Pesan Khusus 

1.084 Praja Utama Turun ke Lapangan, Rektor IPDN Beri Pesan Khusus 
Praktik lapangan IV ini dibuka Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, M.M. Foto dok. IPDN

jpnn.com, JATINANGOR - Sebanyak 1.084 Praja Utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang terdiri dari 722 putra dan 362 putri menjalankan praktik lapangan IV. 

Dr. Khalilul Khairi, M.Si selaku panitia menyebutkan praktik lapangan IV ini merupakan kegiatan terakhir sebelum pergantian kurikulum pada Angkatan XXXII.

Seluruh praja akan ditempatkan pada 341 perangkat daerah yang tersebar di 38 provinsi, seluruh Indonesia. 

"Pelaksanaan praktik lapangan IV dimulai dari tanggal 23 Januari 2024 dan akan berakhir pada 21 Februari 2024 mendatang," kata Khalilul Khairi, dalam keterangannya, Selasa (23/1).

Praktik lapangan IV tahun ini mengusung tema “Melalui Praktik Lapangan IV, Kita Tingkatkan Kompetensi Praja Dalam Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Adaptif, Profesional, Proaktif dan Inovatif dalam Memperkuat Penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Negeri”. 

Praktik lapangan IV ini dibuka Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, M.M. Prof. Hadi mengatakan tema ini dipilih untuk memperkuat kemampuan praja dalam mengaplikasikan 3 praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah yang selaras dengan visi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2020 – 2024.

Hadi mengatakan pendidikan bagi praja IPDN lebih ditekankan pada keahlian praktis dan didukung dengan penguasaan teori yang relevan.

"Praktik lapangan adalah sarana untuk melatih Praja dalam mengenal, memahami dan melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan program studinya masing-masing," terangnya.

Sebanyak 1.084 Praja Utama turun ke lapangan, Rektor IPDN Hadi Prabowo beri pesan khusus 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News