11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kelenjar Tiroid

11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kelenjar Tiroid
Ilustrasi. Foto: Care2.com

jpnn.com - Tiroid terletak di antara kotak suara dan tulang selangka. Meski ukurannya hanya sebesar ibu jari, kelenjar ini memengaruhi hampir setiap proses di dalam tubuh.

Tiroid antara lain berfungsi dalam mengatur metabolisme, mengendalikan kalori yang terbakar serta seberapa cepat otak, jantung, hati dan lainnya bekerja. Bahkan berpengaruh juga terhadap suasana hati.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tiroid, seperti dilansir laman Care2, Kamis (6/7).

1. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang mengendalikan metabolisme dan energi dan dipuji sebagai "kelenjar induk" sistem endokrin kompleks dan saling bergantung.

2. Gejala hipotiroidisme meliputi penambahan berat badan dan kelelahan serta konstipasi, depresi, suhu tubuh rendah, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, edema (retensi cairan), rambut rontok, ketidaksuburan, nyeri sendi dan sensitivitas cahaya.

3. Diperkirakan hipotiroidisme atau tiroid kurang aktif, memengaruhi lebih dari 30 juta wanita dan 15 juta pria. (Hipertiroidisme, atau tiroid yang terlalu aktif, jauh lebih jarang terjadi.)

4. Penyebab hipotiroid yang paling umum adalah tiroiditis Hashimoto, suatu kondisi autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang jaringan tiroidnya sendiri.

Penyakit autoimun ini menyerang 90 persen orang Amerika dengan hipotiroidisme. 10 persen lainnya menderita hipotiroidisme non-autoimun.

Tiroid terletak di antara kotak suara dan tulang selangka. Meski ukurannya hanya sebesar ibu jari, kelenjar ini memengaruhi hampir setiap proses

Sumber Care2.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News