5 Efek Negatif Dari Tidur Berlebihan

5 Efek Negatif Dari Tidur Berlebihan
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - Tidur merupakan aktivitas yang harus terpenuhi untuk membantu merefresh atau sebagai proses peremajaan tubuh.

Namun, bila tidur berlebihan, bisa sangat merugikan kesehatan. Melihat fenomena tersebut, para pakar mengajurkan tidak tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya.

Berikut ini beberapa bahaya tidur yang berlebihan, oversleeping atau bisa juga disebut dengan hipersomnia bagi kesehatan, seperti dilansir laman Ehow, Kamis (6/7).

1. Kelelahan dan Obesitas.

Terlalu banyak tidur justru bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Ini karena semakin lama Anda tidur, maka akan semakin rendah suhu tubuh, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan dan kelesuan yang ekstrem saat bangun.

Sayangnya dengan oversleeping, Anda lebih berisiko mengalami obesitas karena tubuh butuh waktu lebih lama untuk pulih dari tidur yang berlebih dan mulai membakar kalori sepanjang hari.

2. Depresi.

Depresi adalah kerugian umum bagi mereka yang kelaparan. Ini mungkin karena kenyataan bahwa semakin lama Anda tidur, maka semakin sedikit aktivitas fisik yang didapatkan, sehingga jumlah endorfin yang menurun bisa memicu mood buruk.

Tidur merupakan aktivitas yang harus terpenuhi untuk membantu merefresh atau sebagai proses peremajaan tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News