Waduh, Terlalu Sering Main Handphone Ternyata Berbahaya Bagi Jempol Anda

Waduh, Terlalu Sering Main Handphone Ternyata Berbahaya Bagi Jempol Anda
Smartphone. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - Smartphone ternyata mampu memberi Anda masalah serius yang disebut smartphone thumb, kondisi yang menyakitkan disebabkan oleh gerakan berulang pengetikan yang bisa menyebabkan artritis di ibu jari.

Terlalu sering menggunakan smartphone ternyata dapat menimbulkan masalah serius. Smartphone thumb adalah istilah yang digunakan untuk menyebut masalah ini.

Mengetik atau menggeser berulang-ulang dengan ibu jari di layar smartphone dapat menyebabkan tendon membungkuk dan meradang. Kondisi ini sangat menyakitkan dan dapat berujung pada atritis.

Kondisi yang secara formal dikenal sebagai tendinitis itu sebelumnya hanya terlihat pada pekerja pabrik.

Dengan semakin populernya smartphone, kini semakin banyak juga orang yang mengeluh tentang jenis rasa sakit seperti ini di ibu jari mereka.

"Salah satu hipotesisnya adalah persendian menjadi longgar yang mengakibatkan tulang pada ibu jari bergerak berbeda dari pada keadaan normal," kata peneliti Kristin Zhao, seperti dilansir laman India Times, Senin (3/7).

Peneliti telah mempelajari smartphone thumb selama tujuh tahun terakhir. Mereka menemukan bahwa gerakan jempol saat menggunakan ponsel ternyata adalah gerakan yang canggung.

"Ini adalah gerakan yang memberi tekanan pada jempol. Bukan sekedar gerakan di ruang bebas biasa," jelas Zhao.

Smartphone ternyata mampu memberi Anda masalah serius yang disebut smartphone thumb, kondisi yang menyakitkan disebabkan oleh gerakan berulang pengetikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News