11 Jet Tempur dan Pengebom China Menari di Langit Pratas, Taiwan Siaga Penuh

11 Jet Tempur dan Pengebom China Menari di Langit Pratas, Taiwan Siaga Penuh
Jet tempur Tiongkok J-7. Foto: United States Department of Defense

jpnn.com, TAIPEI - Sebelas jet tempur dan pengebom Tiongkok melakukan manuver di langit Kepulauan Pratas, yang terletak di bagian utara Laut China Selatan dan di bawah juridiksi Taiwan.

Terkait manuver China tersebut, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan mengungkapkan angkatan udara mereka siaga penuh, Sabtu.

“Angkatan udara Taiwan memperingatkan pesawat China untuk pergi dan mengerahkan sistem rudal untuk memantau aktivitas tersebut,” ungkap perwakilan Kemenhan Taiwan, lansir usnews.com.

Beijing yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah Tiongkok telah melakukan misi udara berulang kali di sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah sembilan pesawat angkatan udara China terbang di dekat Kepulauan Pratas pada Jumat (19/2), Kemenhan Taiwan mengatakan pihaknya melacak ada sebelas pesawat pada Sabtu (20/2).

Kesebelas pesawat Tiongkok itu terdiri atas delapan jet tempur, dua pembom H-6 berkemampuan nuklir dan satu pesawat anti-kapal selam, yang bermanuver di dekat Pratas.

Kemhan Taiwan juga menyebut angkatan laut China juga terlibat tetapi tidak memerinci soal jumlah kapal.

Dilaporkan pasukan angkatan laut China juga terlibat tetapi tidak ada rincian tentang jumlah kapal yang dikerahkan.

Sebelas jet tempur dan pengebom China melakukan manuver di langit Kepulauan Pratas, angkatan udara Taiwan siaga penuh.

Sumber Usnews.com