Militer China Bakal Tingkatkan Kehadiran di Afrika

Militer China Bakal Tingkatkan Kehadiran di Afrika
Personel Tentara Pembebasan Rakyat China menjalani latihan. Foto: STR / AFP

jpnn.com, BEIJING - China akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika karena hal tersebut dinilai dapat menambah kestabilan di dunia, menurut menteri pertahanan negara itu.

"Kerja sama yang baik antara China dan Afrika dapat menambah kestabilan di dunia," kata Anggota Dewan Negara dan Menteri Pertahanan China Li Shangfu pada Forum Perdamaian dan Keamanan China-Afrika ketiga.

"Di masa depan, China akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika di berbagai bidang termasuk latihan bersama, penjaga perdamaian dan pengawalan, pendidikan militer serta pelatihan profesional untuk memberikan kepastian, stabilitas, dan energi positif yang lebih baik ke dunia yang penuh gejolak,” kata Li.

Forum yang berlangsung selama enam hari tersebut diadakan di ibu kota China dan akan ditutup pada Sabtu.

Perwakilan dari hampir 50 negara dan organisasi regional di Afrika menghadiri forum tersebut, kata Kementerian Pertahanan China.

"China adalah negara berkembang terbesar dan Afrika adalah benua yang memiliki negara berkembang terbanyak. China dan Afrika saling berbagi suka dan duka. China bersedia berdiri teguh bersama rakyat Afrika dan menerapkan Inisiatif Keamanan Global dan membangun masyarakat China-Afrika dengan masa depan bersama," kata Li.

Inisiatif Keamanan Global yang diusulkan Presiden China Xi Jinping tahun lalu pada April bertujuan untuk menghilangkan akar penyebab konflik internasional, meningkatkan tata kelola keamanan global, mendorong upaya internasional bersama demi kestabilan dan kepastian yang lebih baik di masa yang penuh gejolak dan kerap berubah-ubah ini.

Terakhir, inisiatif tersebut mendorong perdamaian dan pembangunan yang berkelanjutan di dunia. (ant/dil/jpnn)

China akan meningkatkan kerja sama militer dengan Afrika karena hal tersebut dinilai dapat menambah kestabilan di dunia, menurut menteri pertahanan negara itu


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News