Mobil

11 Merek Otomotif Jepang Bersatu, Tunggu Kejutannya!

11 Merek Otomotif Jepang Bersatu, Tunggu Kejutannya!
Ilustrasi TRAMI. (Foto: autonews.com/jpnn)

jpnn.com, TOKYO - Sadar dengan pertumbuhan industri otomotif dunia sekaligus menarget menjadi pemasok terbesar. Sebelas brand otomotif asal Jepang berkolaborasi mengembangkan teknologi baru terkait sistem transmisi.

Sebelas perusahaan tersebut antara lain, Toyota, Honda, Suzuki, Isuzu, Subaru, Mazda, Daihatsu, Mitsubishi dan Nissan. Sementara dari perusahaan khusus pembuat komponen transmisi sendiri ada Aisin dan Jacto.

Kesebelas brand otomotif tersebut berkumpul dalam satu payung TRAMI (Transmission Research Association for Mobility Innovation). Lembaga ini berfokus pada pengembangan dan riset teknologi transmisi yang dikepalai Toshiaki Maeda dari Honda.

Menyukseskan langkah strategis tersebut, TRAMI lansir Automotive News juga dikatakan melakukan kerja sama dengan universitas-universitas di Jepang dalam proses penelitian transmisi masa depan.

"Kerja sama ini diharapkan bisa mengembangkan teknologi baru terkait sistem transmisi dan membuat sebuah basis data akan gagasan baru yang dapat diakses oleh anggota," kata kepala TRAMI Toshiaki Maeda.

Langkah awal, tambah Toshiaki, TRAMI akan fokus pada pengembangan transmisi dengan bobot yang lebih ringan dan meminimalisir gesekan.

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan transmisi jenis CVT terbaru, transmisi untuk kendaraan hybrid dan juga mobil listrik. (mg8/jpnn)


Sebelas brand otomotif asal Jepang bahu membahu mengembangkan teknologi baru terkait sistem transmisi dengan mendirikan lembaga riset bernama TRAMI.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News