11 Persen Siswa SMK Tidak Lulus UN

Angka Ketidaklulusan di NTB Paling Tinggi

11 Persen Siswa SMK Tidak Lulus UN
11 Persen Siswa SMK Tidak Lulus UN
JAKARTA - Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Joko Sutrisno, mengungkapkan bahwa dari 912 ribu siswa SMK di seluruh Indonesia  yang mengikuti Ujian NAsional, sekitar  11 persen di antaranya tidak lulus. Bahakn di beberapa provinsi, presentase ketidaklulusannya di atas 15 persen.

"Dari persentase tersebut bisa dikatakan, jumlah siswa yang tidak lulus semakin banyak apabila  dibandingkan dengan tahun 2009 lalu yang hanya 4,5 persen dari 745 ribu peserta," kata Joko kepada wartawan di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta , Kamis (29/4).

Joko menyebutkan, tingginya jumlah angka siswa SMK yang tidak lulus UN tersebut dapat  dilihat dari tingginya persentase jumlah siswa yang mengulang di beberapa provinsi. Bahkan persentase tersebut rata-rata di atas 15 persen. Di antaranya,  Yogyakarta (20,83 persen), Sumatera Barat (22,30 persen), Kalimantan Timur (27,84 persen Aceh (34, 64 persen), dan Kalimantan Tengah (36,92  persen).

"Tapi yang paling tinggi persentase jumlah siswa SMK yang tidak lulus adalah provinsi Nusa Tenggara Barat, yang mencapai angka 51,87 persen," sebut Joko.

JAKARTA - Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Joko Sutrisno, mengungkapkan bahwa dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News