117 Guru Diganjar Penghargaan, Ini Pesan Mendikbud

117 Guru Diganjar Penghargaan, Ini Pesan Mendikbud
Mendikbud Muhadjir Effendy pada malam apresiasi pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2018, di Jakarta, Rabu (15/8) malam. (Foto: humas Kemendikbud/JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 117 guru dan tenaga kependidikan (GTK) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan langsung diserahkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy.

"Anda yang hadir di sini semuanya adalah juara. Kepada yang malam ini dinyatakan sebagai pemenang, saya ucapkan selamat. Kepada yang belum, tetap semangat meningkatkan kompetensi dan memberikan layanan terbaik demi kemajuan pendidikan di Indonesia," ujar Muhadjir pada malam apresiasi pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2018, di Jakarta, Rabu (15/8) malam.

Sebagai pendidik, sebut Muhadjir, guru mempunyai peran sangat penting dan strategis, serta menjadi faktor utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.

"Guru yang tidak hanya mengajar, tetapi berhasil menyentuh hati dan jiwa peserta didik akan bisa membentuk karakter anak," ujarnya.

Direktur Jenderal GTK Supriano mengungkapkan, dalam pemilihan guru berprestasi ini penilaian tidak lagi hanya fokus pada kompetensi teknis dan akademis tetapi juga meliputi soft skill mencakup kompetensi sosial. Peserta diuji kemampuannya bekerja sama, berkomunikasi, pemecahan masalah dan literasi digital.

"Profesi guru dan tenaga kependidikan akan selalu ada dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Maka, peningkatan kemampuan profesionalisme GTK mutlak dilakukan," sambung Supriano. (esy/jpnn)


Kasih penghargaan, Mendikbud sebut guru mempunyai peran sangat penting dan strategis serta menjadi faktor utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News