12 Gol Bikin Bendol Terpikat

12 Gol Bikin Bendol Terpikat
Foto: Dok.JPPhoto
FIRMAN Utina makin populer di pentas persepakbolaan nasional. Itu tidak lepas dari penampilannya yang menawan saat membela Indonesia di final Piala AFF 2010 hingga dapat gelar pemain terbaik. Namun, Firman tidak sukses sendiri. Ada orang-orang penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan pemain asal Manado tersebut di lapangan hijau.

Dengan tegas, Firman menyebut Anton Arsyad, Subagja, dan Benny Dolo sebagai sosok paling berpengaruh dalam karir sepak bolanya. Dia menyatakan, tanpa tiga orang itu, bisa jadi dirinya tidak sepopuler saat ini. "Pak Anton, Pak Bagja, dan Om Benny sudah saya anggap orang tua. Kami berterima kasih banyak kepada mereka," katanya kemarin (4/1).

Baca Juga:

Anton merupakan pelatih sekolah sepak bola (SSB) Bina Taruna Manado, tempat Firman menimba ilmu sepak bola saat masih kecil (1995?1998). Karena Anton-lah, Firman banyak tahu tata cara bermain sepak bola yang sebenarnya. "Dia (Anton, Red) pelatih yang cukup sabar dan bisa mengerti keinginan pemain. Yang jelas, dia telah memberi saya banyak ilmu bermain bola," jelas Firman.

Sementara itu, Subagja merupakan sosok yang paling berperan dalam mengorbitkan karir Firman. Pemilik perusahaan di Manado itu adalah perintis karir sepak bola mulai tingkat SSB. "Sampai sekarang, kami terus berkomunikasi dengan beliau (Bagja). Dia juga yang menyarankan saya untuk bermain di Sriwijaya FC saat ini," tambah Firman. Tapi, di antara semua itu, Benny paling berpengaruh. Benny, terang Firman, adalah pelatih yang pandai memotivasi pemain.

FIRMAN Utina makin populer di pentas persepakbolaan nasional. Itu tidak lepas dari penampilannya yang menawan saat membela Indonesia di final Piala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News