1,2 Juta Lulusan SMA Siap jadi Pengangguran

1,2 Juta Lulusan SMA Siap jadi Pengangguran
1,2 Juta Lulusan SMA Siap jadi Pengangguran
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati mengatakan, dalam waktu dekat dunia pendidikan (lagi-lagi) akan mendapat masalah besar. Pasalnya menurutnya, akan ada penambahan pengangguran lagi pada tahun ini, dengan perkiraan angka mencapai 1,2 juta orang, dari lulusan SMA.

"Ada sekitar 1,5 juta orang yang lulus SMA. Kemudian (mereka) ikut ujian masuk perguruan tinggi negeri yang hanya menyediakan kursi (sekitar) 200 ribu," kata Reni, usai diskusi bertajuk "Pancasila", di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (4/6).

Artinya dalam hal ini, lanjut Reni, dapat dipastikan ada 1,3 juta calon mahasiswa yang tidak bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Dan hal itu katanya, akan menjadi masalah utama.

Lebih jauh dikatakan Reni lagi, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dari seluruh lulusan SMA yang tidak diterima di PTN itu, nantinya hanya 30 persen saja yang akan meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi swasta (PTS). "Sisanya, akan menambah pengangguran terdidik Indonesia. Nah, itu yang harus diantisipasi oleh Kemenakertrans, DPR dan Mendiknas," tegasnya.

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati mengatakan, dalam waktu dekat dunia pendidikan (lagi-lagi) akan mendapat masalah besar. Pasalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News